5 keunikan korea selatan yang belum kamu tahu

7/05/2018

5 keunikan korea selatan yang belum kamu tahu

1. Peraturan unik di korea selatan

Ada beberapa peraturan unik di negara korea selatan yang tidak ditemui dinegara lain salah satunya adalah perhitungan usia. Perhitungan orang korea adalah sistem perhitungan umur yang dilakukan oleh orang asia timur pada jaman dahulu.
Ketika bayi dikandung ibu selama sembilan bulan, maka itu sudah termasuk satu tahun sang bayi hidup. Maka saat bayi itu sudah lahir, secara otomatis bayi tersebut sudah berumur satu tahun. 

5 keunikan korea selatan yang belum kamu tahu


Selain itu juga, korea selatan menerapkan wajib militer bagi para pemudanya, lama wajib militer adalah dua tahun. Wajib militer ini diwajibkan bagi pemuda yang sudah berusia 20 tahun dan memenuhi kualifikasi sehat secara jasmani dan rohani. Namun beberapa dari  pemuda korea dibebaskan dari wajib militer dengan alesan tertentu, namun sebagai ganti nya harus bekerja di instansi pemerintah sesuai dengan kewajibannya mengikuti wajib militer. Dan bagi yang tidak mengikuti wajib militer akan terkena sanksi hukuman dan akan sulit untuk menjalani kehidupan dan karirnya dikorea.

2. Kapal pesiar mewah diatas bukit

Di Korea terdapat sebuah tempat liburan unik, mungkin naik kapal pesiar bisa dilakukan dinegara manapun, namun bagaimana kalo kapal tersebut berada diatas bukit? Sebuah kapal pesiar diatas bukit inilah yang menjadi salah satu tujuan wisata yang cukup ternama di korea. Kapal ini bernama Sun Cruise Resort & Yacht merupakan hotel dan resort pertama didunia dengan design seperti kapal pesiar yang besar dan megah. Panjangnya mencapai 165 meter dengan tinggi 45 meter, dari kejauhan hotel ini seperti kapal pesiar sesungguhnya yang sedang berlabuh diatas bukit.

Tak sekedar tempat menginap biasa, para pengunjung juga bisa merasakan sensasi berlayar dengan deburan ombak dan suara kapal pesiar yang seolah sedang berlayar. Hotel dengan 211 kamar ini sudah diresmikan sejak tahun 2002. Untuk menginap disini anda harus menyiapkan dana sekitar 80,000 won atau sekitar 1 juta rupiah permalamnya, wow juga kan haha.




3. Museum unik di korea

Selain mengunjungi  tempat wisata di Korea,teman-teman juga bisa mendatangi tempat-tempat bersejarah lainnya seperti mengunjungi beberapa museum di Korea. Jika biasanya pengunjung bosan dengan museum yang biasa-biasa saja, tak ada salahnya untuk mendatangi museum unik yang berlokasi di desa Bukchon Hanok. Desa Bukchon Hanok merupakan rumah bagi lima museum unik yang bisa dikunjungi siapapun  yang ingin mengenal bebagai macam budaya serta sejarah tentang Korea Selatan. Selain bisa meihat aneka benda  museum,pengunjung juga bisa ikut berartisipasi dalam beberapa program yang ditawarkan di museum tersebut.

1. Hansangsu Embroidery Museum
Hansangsu Embroidery Museum adalah museum yang berisikan pameran bordir bekas peninggalan hasil  buah karya dari Han Sang Su.  Bukan hanya sekedar melihat-lihat aneka bordir atau sulaman di museum ini, pengunjung juga bisa  ikut serta dalam pembuatan item bordir lainnya seperti menyulam saputangan dan lain sebagianya. Museum ini juga memiliki insfrastruktur yang siap mengajarkan step by step bagaimana pembuatan bordir atau sulaman kepada pengunjung. Untuk mengikuti program ini pengunjung museum hanya dikenakan biaya 3.000 won.
  
2. Museum Gahoe
 Lewat museum Gahoe pengunjung dapat melihat berbagai kesenian rakyat dari jaman kuno diantaranya lukisan yang menggambarkan tentang nilai-nilai religius, keramik  yang dukir bentuknya menyerupai manusia dan goblin. Pengunjung disini  tidak hanya berkesempatan sebatas melihat saja, bahkan bisa ikut berpartisipasi dalam pembuatan benda-benda bersejarah tersebut. Selanjutnya ada ilustrasi pembuatan kipas sebagaimana masyarakat Korea percaya untuk menangkal nasib buruk. Untuk mengikuti program yang ada di museum ini chingu hanya cukup membayar 3.000- 7.000 Won.

3. Seoul Museum of Chicken Art
Selanjutnya ada Seoul Museum of Chicken Art merupakan salah satu museum milik swasta yang dibuka pad tahun 2006 dan berlokasi di Bukchon. Museum tersebut memamerkan kerajinan yang mengekspresikan ide-ide tentang ayam melalui konteks yang berbeda antara seni dan budaya, cukup unik bukan?. Semua karya yang ada disini tentunya tidak terlepas dari tema ayam. Museum ini mampu menjadi ruang untuk belajar dan berbagi untuk para pengunjung. Pengunjung juga dapat membuat seni ayam serta budaya yang menggambarkan perbedaan disetiap musim. Untuk mengikuti program ini pengunjung dapat membayar 3.000 Won untuk dewasa dan 2.000 Won  untuk anak-anak. 

4. Museum of Korean Buddhist Art
Museum of Korean Buddhist Art merupakan museum khusus seni Budha yang memiliki  kurang lebih 6000 peninggalan yang berhubungan dengan agama Budha termasuk  patung, lukisan, keramik, dan kerajinan rakyat. Museum ini terdiri dari museum kuil di Wonseo-dong dan Changsin-dong, Jongro-gu di Seoul. Museum of Korean Buddhist Art merupakan salah sau aset budaya di Kota Seoul  yang bukan hanya mempromosikan seni tentang agama Budha  melainkan juga memperkenalkan  genre lain  serta bentuk-bentuk seni tradisional lainnya yang dipamerkan. Pengunjung  hanya cukup membayar  5.000 Won untuk dewasa dan 4.00 Won untuk pelajar. Info: 

5. Dong-Lim Knot Museum
Museum Dong-lim Knot merupkan museum yang menampilkan hiasan  tradisional Korea berupa aksesoris untuk hanbok, ikat pinggang, kantong, dan aksesoris lainnya. Seperti biasa pengunjung bukan hanya disuguhkan dengan aneka  hiasan tradisional Korea saja namun pengunjung  dapat ikut turut serta dalam pembuatan berbagai macam perhiasan. Museum ini  juga membuka kelas maedeup yang diajarkan oleh kurator museum. Kelas yang tersedia dalam dua program yakni satu hari dan program jangka panjang. Namun sayangnya intruksi dalam pembuatan maedeup nya  hanya  menggunkan bahasa Korea, sehingga orang asing  disarankan untuk datang dengan pemandu lokal. Untuk mengikuti program kelas satu hari pengunjung  hanya cukup membayar 5.000-10.000 Won  namun untuk ikut program kelas jangka panjang pengunjung dikenakan biaya 100.000 Won per bulan.

4. Festival Menarik

Korea selatan juga memiliki berbagai macam festival yang sangat menarik, salah satunya adalah festival pasir pantai, ini adalah festival dimana semua orang bisa berkreasi dengan sepuasnya dengan menggunakan pasir pantai. Pantai Haeundae di Busan ini adalah salah satu pantai terbesar dan terkenal di korea.

Selain itu juga ada festival tomat, umumnya festival tomat diselenggarakan di eropa, namun dikorea ada juga festival tomat yang diadakan setiap tahun.  Festival Tomat Hwacheon ini berlangsung di Hwacheon, Gwang-Ju. Wilayah Hwacheon dikenal sebagai penghasil tomat terbesar di Korea Selatan.
Dalam festival ini pengunjung bebas memetik tomat yang siap dipanen dengan sepuasnya, bahkan pengunjung juga bisa mandi tomat di festival ini.

5. Gwishin - Wisata horor di desa Yongin

Anda juga bisa menikmati wisata horor dikorea yang identik dengan musim panas, untuk menikmati wisata ini anda bisa berkunjung di desa Yongin yang mempunyai tradisi Gwishin yang hanya dilakukan saat musim panas. Penduduk disana percaya bahwa waktu musim panas merupakan saat jiwa yang sudah meninggal terperangkap di bumi, tidak berbeda dengan tradisi haloween yang di percaya oleh masyarakat barat, jiwa orang yang sudah meninggal tersebut kemudian berkeliaran dipedesaan.

Bedanya halloween diadakan pada akhir october, kemudian keyakinan ini dimanfaatkan untuk membuat wisata horor yang sukses menarik perhatian wisatawan. Desa ini juga kemudian disulap menjadi rumah hantu dalam satu perkampungan penuh, tema horor diterapkan disemua bagian di desa ini. Bahkan menurut para wisatawan yang sudah datang ke sini mengaku lebih seram di bangdingkan perkiraannya.
Berani datang kesini?

Nah sobat itulah 5 keunikan korea selatan yang mungkin wajib untuk kamu ketahui, sudah dulu ya nanti kan artikel lainnya, jangan lupa untuk subcribe tulisan disini dan share.






Share this with short URL: Get Short URLloading short url

2 Comments

Silahkan tinggalkan komentar anda! Berkomentarlah dengan bijak dan sopan. Kamsahamnida.