Ujian EPS Topik 2019 - Apakah ada ujian EPS lagi tahun 2019?

Ujian eps topik korea 2019 - Apakah ada ujian EPS lagi tahun 2019?

Jal Jine? Semoga semuanya masih di berikan kesehatan dan juga semangat untuk belajar bahasa Korea dan bagi yang gugur di ujian tahun ini jangan menyerah peluang masih lebar, tetap semangat hajar tahun depan. : )


Seperti yang sudah kita ketahui, hasil Ujian EPS TOPIK 2018 sudah keluar pada tanggal 14 September kemarin, dan yang paling mengejutkan adalah nilai standar kelulusan membengkak sampai 185 atau 92,5. Sangat membuat shock semua yang mengikuti ujian tahun ini, karena standar nilai kelulusan tahun kemarin hanya 72 dan nilai akhir kelulusan adalah 150.

eps topik 2019


Namun, hal ini sebelumnya sudah dipublikasikan di situs BNP2TKI pengumuman Nomor : PENG. 113/PEN-PPP/IV/2018, disebutkan peserta ujian yang akan diluluskan hanya 700 peserta. Selain itu juga, ada hal lain yang disinggung di pengumuman tersebut, berikut kutipan lengkapnya.

Berkenaan dengan banyaknya pertanyaan mengenai jumlah kelulusan EPS Sistem Poin Sektor Manufaktur tahun 2018 sebanyak 700 orang, dengan ini kami sampaikan penjelasan sebagai berikut :

Baca Juga : Kumpulan soal EPS Topik Terbaru


 1. Keputusan jumlah kelulusan 700 orang disampaikan oleh HRD Korea melalui surat nomor EPST-509 tanggal 27 Februari 2018 mengenai seleksi tenaga kerja asing di Korea Selatan tahun 2018.

 2. Jumlah Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang terdaftar di roster of job seeker saat ini adalah 6.286 orang, sementara itu jumlah kuota Indonesia sebanyak 4.300 orang untuk tahun 2018.  Dengan demikian jumlah PMI di roster masih jauh lebih banyak daripada jumlah kuota. Kebijakan Pemerintah Korea saat ini menghendaki pencari kerja (job seeker) tidak menunggu lama untuk mendapatkan kontrak kerja, sehingga diputuskan oleh Pemerintah Korea untuk ujian sistem poin sektor manufaktur tahun  2018 hanya akan diluluskan sebanyak 700 orang.

 3. Berdasarkan hasil koordinasi dengan EPS-Center HRD Korea Jakarta, bahwa Pemerintah Korea akan melakukan evaluasi penempatan PMI tahun 2018. Apabila jumlah penempatannya cukup banyak, maka akan dipertimbangkan untuk diselenggarakan ujian Paper Based Test (PBT) pada bulan Januari 2019, sehingga dapat memenuhi kebutuhan tenaga kerja asing di Korea.

Sesuai dengan uraian dari pengumuman di atas, hal yang dapat kita ketahui adalah kuota untuk indonesia tahun 2018 adalah 4.300 akan tetapi jumlah roster atau antrian lamaran kerja di HRD Korea masih banyak, dengan alasan tersebutlah maka kuota untuk tahun 2018 ini dipangkas hingga menjadi 700 orang.

Baca Juga : Melalui LPK atau Proses Mandiri untuk Bisa Bekerja ke Korea Selatan?

Akan tetapi, kita tinjau ulang kembali, surat pengumuman tersebut dipublikasikan pada tanggal 12 April 2018 18:38 WIB, dan data diatas pastinya di buat pada bulan tersebut atau bahkan bulan-bulan sebelumnya. Nah roster atau antrian job tersebut tiap hari berkurang karena setiap hari pasti ada SLC atau kontrak kerja yang turun, bahkan setiap bulannya ada saja SLC masal hingga ratusan.

Baca Juga : Panduan Lengkap Belajar Mandiri EPS Topik


Kita argumenkan saja, jika dalam sebulan bisa mencapai 700an SLC, kita hitung mulai dari april hingga september, maka 4200 SLC yang sudah ditanda tangani dan sisa 2086 ditambah kuota tahun ini 700 orang.

Baca Juga : Kisi-Kisi EPS Topik PBT & Kisi-Kisi EPS Topik CBT


Kemudian, sesuai dengan koordinasi EPS-CENTER HRD Korea tahun 2018 ini akan melakukan evaluasi penempatan PMI, ini bearti kuota terbut akan terus berkurang hingga akhir tahun nanti, dengan begitu kemungkinan besar tahun 2019 akan diadakan ujian berbasis PBT pada bulan Januari nanti, kemungkinan besar jika menggunakan PBT kuota akan normal sekitar 4rb-5rb an sesuai dengan kuota normal CPMI Indonesia.

*Disclaimer ini juga masih perkiraan, semua ketentuan jadwal ujian hanya pihak HRD Korea yang menentukan. Ada atau tidak nya ujian hanya hal kecil, hal yang paling penting adalah seberapa siapkah kamu untuk mengikuti ujia EPS TOPIK tahun depan.

Nah, jika gagal di ujian tahun ini jangan terlalu sedih, jangan terlalu frustasi, tetap semangat toh banyak kok teman-teman kita yang sudah bekerja disana yang awalnya juga gagal, tapi dengan tekad dan niat yang kuat tentunya akan berhasil.

Sekarang, hal yang perlu kalian lakukan adalah belajar, belajar dan belajar lagi, persiapkan sematang mungkin untuk ujian tahun depan, jadikan ujian tahun ini sebagai tolak ukur kemampuan bahasa Korea dan batu loncatan kita untuk meraih sukses.

Ingat guru terbaik itu adalah pengalaman dan pengalaman yang akan membuat hati kita kuat adalah pengalaman pahit, semakin pahit pengalaman itu tentu akan membuat hati kita semakin kuat. Tetap semangat Jal Ga yo...

#2019LULUS #AMIN







Share this with short URL: Get Short URLloading short url

4 Comments

  1. Duh moga aja ada ujian, adik saya belum ikut EPS baru belajar 6 bulan terakhir. Masih dilanda galau haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga saja. tapi pasti ada kok. tinggal siapkan diri matang-matang.

      Delete
  2. Info terbaru. Nanti saya bahas di artikel baru.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih ngumpulin data-data dulu. Bener atau kagaknys. Stay tune.

      Delete

Silahkan tinggalkan komentar anda! Berkomentarlah dengan bijak dan sopan. Kamsahamnida.