Tips menghafal kosakata bahasa korea agar selalu diingat

Kosakata merupakan pondasi utama dari semua bahasa yang ada di belahan dunia ini, kosakata ini mampu untuk merangkaikan maksud dan tujuan dari semua bentuk interaksi didalam bahasa dunia.


TIPS MENGHAFAL KOSAKATA BAHASA KOREA @korean.web.id


Kosakata sendiri terdiri dari kata kerja, kata pasif, kata keterangan dan lain sebagainya. Penguasaan kosakata yang banyak akan membuat kita pandai berbahasa dan pandai merangkai kata. Apalagi kita mempelajari bahasa asing. Sehingga menghafal kosakata adalah hal yang paling wajib dan  mutlak saat kita mempelajari sebuah bahasa asing. Termasuk juga bahasa korea.

Kosakata bahasa korea juga sangat banyak, akan tetapi untuk keefektifan belajar kita, pelajari dan hafal kosakata bahasa korea hanya dasar dan yang berkaitan dengan materi eps topik saja.

Kebanyakan pemula yang baru belajar bahasa korea, akan kebingungan dan juga belum mempunyai arah untuk menghafal kosakata. Sehingga akan mulai menghafal semua kosakata, meskipun itu kosakata yang tidak ada hubungannya dengan materi yang ada, seperti contohnya menghafal kosakata dari drama-drama korea. Jika ini dibiarkan dan menjadi kebiasaan tentunya akan menjadi hal buruk yang nanti akan menyulitkan saat ujian eps nanti.

Kemudian kesalahan fatal lainnya adalah menghafal kosakata dari tulisan romanisasi hangeulnya, jika dilanjutkan seperti itu terus, sampai kapanpun tidak akan mengenal tulisan asli kosakatanya, alhasil akan membuat kita kesulitan saat mentranslate dalam tulisan bahasa korea aslinya dan juga akan kesulitan saat didengarkan di soal listening. Apalagi banyak kosakata yang tulisan romanisasi sama tapi beda vocal dan artinya.

Sebaiknya mulailah menghafal dari materi textbook eps topik yang sudah disediakan oleh hrd korea dan dalam tulisan hangeul aslinya, atau Anda bisa juga belajar di LPK kalo memang niatan anda sudah bulat untuk kerja korea, jika kita belajar di LPK tentu belajar juga akan terarah dan sesuai dengan kurikulum yang diberikan oleh hrd korea untuk ujian eps topik.

Jika anda masih bekerja atau belum mempunyai waktu untuk belajar di LPK, sebaiknya belajarlah membaca tulisan korea terlebih dahulu, mempelajari beberapa tata bahasa dasar, struktur bahasa dan juga beberapa kosakata dasar terlebih dahulu.

Jika anda masih pemula dan belum pernah belajar bahasa korea sama sekali, jangan sesekali ingin berproses mandiri, karena itu adalah hal yang percuma dan membuang-buang waktu saja. Baiknya sisihkan 1 tahun dulu untuk berfokus belajar bahasa korea di lpk. Jangan khawatir sekarang banyak lpk yang amanah kok, sebab bnp2tki juga sudah mengatur lpk agar sesuai dengan proses yag sudah ditetapkan oleh pemerintah.

Menghafal kosakata merupakan hal yang gampang-gampang susah. Gampangnya kita bisa menghafal kosakata hanya dengan beberapa menit saja. Namun susahnya itu adalah menjaga ingatan kita untuk tetap mengingat kosakata yang dihafal tadi. Sebab menghafal kosakata bahasa korea adalah berkelanjutan, ketika kita sudah menghafal kosakata, kita lanjutkan menghafal kosakata lainnya.

Nah berikut ini mimin kasih tips menghafal kosakata bahasa korea yang efektive serta akan mudah diingat kembali dan masuk dalam memori kita. Metode yang mimin pakai untuk menghafal kosakata adalah sistem menghafal al-quran, bagi yang sebelumnya pernah belajar di ponpes tentu tau, 3M(menghafal, mengulang dan mengingat).

Sesi pertama adalah menghafal, hafalkan beberapa kosakata sekaligus dalam sehari, kita buat target hafalan kosakata harian mulai dari 10 kosakata, 15 kosakata, 20 kosakata, 30 kosakata dan seterusnya. Hafalkan mulai dari jumlah terkecil, se-iring dengan berjalannya waktu tingkat kemampuan menghafal kita akan terus berkembang. Selain dari list kosakata yang kita hafalkan kita juga bisa menghafal dari kosakata percakapan dari materi textbooks. Kalo mimin sendiri sih saat menghafalkan kosakata, biasanya kosakata mimin tuliskan tanpa menulis terjemahannya, ini akan menstimulasikan otak kita agar juga mengingat tulisan hangeulnya dan juga membantu mempercepat penghafalan.

Pilih waktu yang pas untuk menghafal kosakata, biasanya waktu yang pas adalah sebelum tidur. Sebelum tidur silahkan hafalkan kosakata harian anda hingga ada gambaran dalam otak kita, atau juga hafalkan sampai hafal, lalu kita tidur. Kemudian saat bagun tidur, sebelum kita sarapan dan mandi pagi, bukalah hafalan terlebih dahulu, ulanglah hafalan yang sudah kita hafalkan sebelum tidur tadi. Atau bisa juga kalian ulang lagi hafalan tadi setelah sholat subuh, nah waktu-waktu tersebut adalah waktu yang sangat efektive untuk menghafal sebab fikiran kita masih fresh belum tercampur dengan urusan lain.

Kemudian sebaiknya juga kita targetkan hafalan kita setiap harinya, biasanya kalo di lpk ada setoran hafalan kosakata harian, jika kita tidak hafal maka akan terkena hukuman. Jadikan hukuman ini sebagai pemompa semangat kita untuk menghafal setiap harinya. Dengan begitu kita bisa lebih terfokus dan tertarget dan juga membantu kita mempercepat dalam menghafalkan kosakata.

Sesi kedua adalah mengulang, ulanglah hafalan yang telah kita hafalkan tadi, kita bisa meminta bantuan kepada teman untuk menyimakan hafalan yang telah kita hafalkan tadi, atau kalian juga bisa menuliskan hafalan tadi tanpa terjemahannya.

Sesi ketiga adalah mengingat kembali hafalan yang sudah berhasil dihafalkan, buatlah jadwal untuk mengingat, buatlah evaluasi mingguan tentang penghafalan kosakata tadi. Tulis semua kosakata yang berhasil dihafalkan, kalo menghafal kita efektive, begitu membaca kosakata tadi tentu akan langsung tahu artinya. Semisal ada kosakata yang lupa, buka kembali dan hafalkan.

Kemudian setiap sebulan sekali kita lakukan pengecekan evaluasi, siapkanlah selembar kertas hvs beberapa lembar, lalu kita tuliskan semua kosakata yang sudah kita hafalkan, berilah waktu sekitar 4 jam atau 5 jam untuk melakukan evaluasi. Catatlah hasilnya bandingkan kemajuannya setiap bulan. Biasanya evaluasi ini kalo di lpk akan dilakukan tiap sebulan sekali dan dilakukan dalam seharian(full time jam belajar).

Nah dengan metode seperti itu tentu setiap hafalan yang telah kita hafalkan akan kita ingat dengan mudah. Targekan kosakata bulanan minimal 1000 kosakata sebulan. Untuk mengerjakan ujian eps topik dengan mudah, minimal kita harus menguasai sedikitnya 3000 an kosakata.

Ingat bahasa merupakan salah satu bentuk kebiasaan dan hal yang terus berulang dalam kegiatan sehari-hari, oleh sebab itu hafalan kosakata yang efektive adalah menjadikan hafalan itu menjadi kebiasaan kita sehari-hari sehingga nantinya kosakata itu akan menempel terus dalam ingatan kita. Semoga bermanfaat dan juga bisa menjadi motivasi. Sekian dan terima kasih. See you next time. 잘 가요.

#tag
cara mudah menghafal kosakata bahasa korea,cara menghafal kosakata bahasa korea,cara menghafal kosakata bahasa korea dengan cepat,tips menghafal kosakata bahasa korea,cara menghafal kosakata bahasa korea dengan mudah,trik menghafal kosa kata bahasa korea,cara mudah menghafal kosakata bahasa korea,belajar menghafal kosakata bahasa korea,cara menghafalkan kosakata bahasa korea,kosakata bahasa korea,tips menghafal kosakata bahasa korea,tips hafalin kosakata bahasa korea,belajar bahasa korea,belajar kosakata bahasa korea,cara menghafal kosakata bahasa korea.






Share this with short URL: Get Short URLloading short url

Comments

Silahkan tinggalkan komentar anda! Berkomentarlah dengan bijak dan sopan. Kamsahamnida.