Tips dan Strategi Menjawab Soal Listening

11/25/2018
Soal listening merupakan sesi yang kritikal dalam ujian eps topik. 50% nilai kita bisa ambil dari sesi listening, soal listening pun terbilang cukup mudah untuk dikerjakan, jadi akan mubazir kalo semisal ada yang salah.

Tips dan Strategi Menjawab Soal Listening
Di sesi listening akan terbagi menjadi beberapa stage, dimana setiap stage mempunyai pola soal yang berbeda.  Listening soal eps terdiri dari :

  • 4 soal mencocokan kosakata(( 26 – 29 ) 들은 것을 고르십시오).
  • 5 soal memilih jawaban yang benar pada gambar(( 30 – 34 ) 다음 그림을 보고 알맞은 대답을 고르십시오 ).
  • 3 soal percakapan dan mencari gambar terkait (( 35 - 37 ) 잘 듣고 들은 내용과 관계 있는 그림을 고르십시오).
  • 5 soal tanya jawab (( 38 – 42 ) 질문을 듣고 알맞은 대답을 고르십시오).
  • 6 soal cerita (( 43 – 48) 이야기를 듣고 질문에 알맞은 대답을 고르십시오) 
  • 2 soal 1 cerita(* 49 번 과 50 번은 하나의 이야기입니다).

Berikut Tips dan Strategi Menjawab Soal Listening agar tidak kelabakan saat mengerjakan soal listening.

Rileks

Rileks-kan pikiran sejenak sebelum test dimulai, jangan lupa juga minum air putih yang cukup sebelum berangkat test.

Biasanya kalo sesi reading sudah selesai pengawas akan memberitahu sesi listening akan segera di mulai, sejenak kita tarik nafas panjang untuk memulihkan pikiran dan konsentrasi kita.

Jangan gerogi, konsentrasi saat mengerjakan setiap soal yang ada. Pusatkan pikiran ke ujian.

Dengar & Amati

Dengarkan soal sebaik mungkin sembari kita amati pertanyaan yang ada. 4 soal pertama jangan sampai terlewat atau salah jawab, karena soal ini adalah yang paling gampang tetapi poin sama seperti pertanyaan lainnya.

Kemudian pada soal gambar amati terlebih dahulu gambar yang ada, lalu baca pertanyaannya dan cari jawaban di listeningnya.

Kuasai Pelafalan Secara Benar

Kuasai juga pelafalan yang benar agar tidak mudah terkecoh, contoh nya vocal 오 akan terdengar seperti 우 saat diucapkan oleh orang korea, penguasaan pelafalan yang benar akan lebih memudahkan kita saat listening.

Manfaatkan Jeda Waktu

Dalam setiap soal yang dibacakan, sebelum beralih ke soal selanjutnya akan ada jeda beberapa detik, jika kamu sudah mengerjakan soal sebelumnya, disela jeda tersebut manfaatkan untuk memahami soal selanjutnya. Hal ini sangat efektif karena akan memudahkan mengerjakan soal.

Jika kita sudah memahami isi dari pertanyaan, begitu soal dibacakan langsung tahu jawaban yang benar. Tetapi hal ini tidak berlaku di ujian CBT, kalo di CBT manfaatkan membaca cepat sambil mendengarkan isi soal, nah saat pengulangan soal yang kedua baru kita mantapkan jawaban kita.

Dengar & Artikan

Saat menjawab soal tanya jawab, hal yang perlu diperhatikan adalah kata kerja dan juga partikelnya. Simak pertanyaannya, soal ini tergolong mudah kalo kita benar-benar menguasai partikel/gramar.

Di soal tanya jawab biasakan memahami jawaban yang ada terlebih dahulu ini akan membantu saat menjawab soal. Biasanya sih ketika mendengarkan soal tanya jawab, kita akan langsung tau mana jawaban yang benar, so don't worry just keep in mind.

Dengar & Temukan

Pada sesi berikutnya, saat mengerjakan soal cerita dengarkan dengan baik cerita yang ada, temukan inti dari cerita, sekali lagi baca dulu pertanyaannya dan pahami.

Semua tidak terlepas dari seberapa banyak penguasaan kosakata dan tata bahasa/partikel/grammar yang kita pahami, semakin banyak kosakata, semakin mantap tata bahasa kita, tentu akan semakin mudah mengerjakan soal, dan tentunya banyak berlatih soal juga akan memberi poin plus juga.

Ingat belajar bahasa itu berkesinambungan, maka giatlah belajar guna meraih impian kita ke Korea, sampai jumpa...Jal Ga!







Share this with short URL: Get Short URLloading short url

Comments

Silahkan tinggalkan komentar anda! Berkomentarlah dengan bijak dan sopan. Kamsahamnida.