Ujian EPS Topik 2020, Ini Prediksi Jadwalnya.

2/06/2020
Ujian EPS Topik 2020 Apakah ada tahun ini? Jadwal ujiannya kapan? Tentunya pasti banyak pertanyaan-pertanyaan tentang kepastian ujian eps topik untuk tahun 2020 ini yang bikin galau kalian.
Ujian EPS Topik 2020, Ini Prediksi Jadwalnya.


Namun BN2TKI Sendiri sudah memberi bocorannya sendiri prihal Ujian EPS Topik 2020 ini, melalui pengumuman resmi tentang Program UPGRADING SKILL BAHASA KOREA TAHUN 2019
KERJA SAMA BNP2TKI DENGAN KEMENDIKBUD RI Nomor: PENG. 02/KLNP-PHI/XI/2019, Dibawah ini adalah lampiran detail pengumuman tersebut:




Dalam pengumuman tersebut, kita perlu garis bawahi BNP2TKI dengan jelas menyebut program upgrading skill merupakan program yang dipersiapkan untuk mematangkan skill berbahasa korea, agar nanti bisa lulus ujian eps topik 2020, berikut isi pengumuman tersebut:

Dalam rangka meningkatkan kecakapan berbahasa Korea bagi CPMI program G to G Korea Selatan sektor manufaktur yang tidak lulus ujian sistem poin EPS-TOPIK tahun 2019, BNP2TKI bekerjasama dengan Kemdikbud RI dan LPPM UNAS akan menyelenggarakan Program Pendidikan Kecakapan Kerja (PKK) / Upgrading Skill Bidang Keahlian Bahasa Korea Tahun 2019.
Program ini diselenggarakan untuk mempersiapkan peserta pelatihan agar lulus ujian EPS-TOPIK tahun 2020 serta mendukung kelancaran berkomunikasi dan berperilaku (attitude) sesuai dengan budaya kerja di Korea Selatan.

Tentu saja penguman tersebut adalah sebagai klue untuk ujian eps topik 2020, kemungkinan besarnya di tahun 2020 ini ada ujian, namun untuk jadwalnya masih belum pasti. Namun mari kita lihat-lihat lagi jadwal ditahun-tahun sebelumnya, jadwal ujian itu biasanya mendadak, bisanya diawal Maret sudah dibuka untuk verifikasi pendaftaran ujian, jadi sebaiknya kalian persiapkan diri sematang mungkin mulai dari segi bahasa dan juga keterampilan yang diperlukan untuk ujian, jangan sampai belajar hanya kalo sudah ada ujian saja, itu bakal buang-buang waktu dan uang kamu saja.

Kemudian untuk masalah kuota sendiri, itu disesuaikan berdasarkan jumlah kuota roster kerja yang dibutuhkan oleh HRD Korea, jika kuota roster pekerja dari ujian kemaren sudah berkurang banyak, kemungkinan kuota juga akan banyak bisa 4000-5000an kuota kelulusan, namun sebaliknya, jika hanya sebagai backup kuota roster saja, bisa jadi hal serupa seperti tahun 2018 bisa terulang lagi.

Namun jika hanya untuk backup kuota saja, prediksi saya ada beberapa kemungkinan, pertama hanya untuk backup kuota roster dan kuota kelulusan hanya dikasih sedikit atau kedua kuota banyak namun sama seperti sistem ujian 2019 yaitu dibagi menjadi dua gelombang ujian dan ketiga kuota banyak namun memakai sistem PBT, tapi soal sama seperti diCBT dan kuota banyak.

Terlepas dari prediksi saya diatas, sebaiknya kita mulai sekarang perbanyak persiapan dari segi bahasa, perdalam belajar bahasa dan juga kosakata, jangan malas belajar, apalagi sampai hanya belajar kalo sudah ada jadwal ujian, itu hanya akan sia-sia, sekian dari saya, semoga impian kalian untuk kerja ke korea semuanya terwujud, amin. Jalgayo...






Share this with short URL: Get Short URLloading short url

2 Comments

Silahkan tinggalkan komentar anda! Berkomentarlah dengan bijak dan sopan. Kamsahamnida.